Blog tentang Internet, Software, Android dan Blog

14/05/15

Pengertian dan Jenis - Jenis Malware

TeknoIn - Pengertian dari malware - Apakah itu malware?? Mungkin sebagian dari kita sudah ada yang mengetahui apa itu malware dan mungkin  ada yang belum mengetahuinya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang malware itu


Pernahkah Anda ketika sedang membuka sebuah website atau apa pun itu saat berselancar di dunia maya, tiba - tiba ada saja software yang terdownload secara otomatis?? jika ada, Anda perlu waspada dengan software tersebut, bisa - bisa itu merupakan malware yang dapat menginfeksi komputer atau laptop Anda


Malware merupakan singkatan dari bahasa inggris yaitu malicious software, yang berarti perangkat lunak yang mencurigakan. Malware adalah sebuah progam komputer atau kode yang dibuat untuk tujuaan tertentu dari yang menciptakan. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau sistem operasi melalui script yang disisipkan secara tersembunyi oleh penciptanya. 


Pada umumnya, ketika komputer seseorang terkena malware, dia akan mengatakan bahwa komputernya terjangkit virus, walaupun sebenarnya komputernya terjangkit worm atau jenis malware yang lain. Berikut ini saya akan jelaskan jenis - jenis dari malware itu apa - apa saja

1. Virus Komputer

Virus komputer adalah malware yang menginfeksi sebuah komputer dengan bantuan pihak ketiga untuk mengaktifkan/ menjalankan dirinya – biasanya pemilik komputer itu sendiri. Virus tidak bisa otomatis mengaktifkan dirinya sendiri dan menginfeksi sebuah komputer tapi harus ada tindakan dari pihak ketiga yaitu pengguna komputer. Biasanya virus dibuat seperti progam lain yang biasanya dijalakan oleh user, sehingga kemungkinan virus itu aktif lebih besar. Beberapa progam yang sering ditiru virus antara lain adalah progam .JPG, .doc, atau folder lain yang jika di klik akan menjalan virus tersebut. 

Untuk lebih meyakinkan pengguna komputer, seringkali pencipta sebuah virus memalsukan virusnya dalam bentuk icon atau ekstensi gambar porno, atau bentuk lain yang dapat menarik perhatian si pemilik komputer untuk melakukan klik sehingga mengaktifkan virus tersebut. Baca lebih lanjut tentang virus komputer Inilah dia berbagai virus komputer berbahaya yang wajib diketahui

2. Worm 

Worm alias cacing adalah jenis malware yang dapat mengaktifkan dirinya sendiri tanpa perlu bantuan dari pihak ketiga. Jika worm berhasil masuk ke dalam sebuah komputer atau jaringan komputer, maka dia dapat dengan mudah berpindah dari satu komputer ke komputer lainnya, dengan alat ataupun tanpa alat. Alat yang dimaksud misalnya flashdisk. 

3. Spyware

spy sebutan lain dari mata - mata. Spyware adalah progam yang bertindak sebagai mata - mata untuk mengetahui kebiasaan user dan mengirim itu ke pihak yang lain. Spyware biasanya digunakan oleh pemasang iklan.

4. Adware

Adware adalah iklan yang dimasukan secara tersembunyi oleh pembuat program, biasanya pada program yang bersifat freeware untuk tujuan promosi atau iklan.

5. Trojan atau trojan horse

Nama ini sepertinya tidak asing lagi ditelinga kita. Program yang diam-diam masuk ke komputer, kemudian memfasilitasi program lain misalnya virus, sypware, adware. keylogger dan malware lainnya untuk masuk, merusak sytem, memungkinkan orang lain meremote komputer dan mencuri informasi seperti password atau nomor kartu kredit kita.

6.   Keylogger

Keylogger adalah sebuah program yang digunakan untuk memantau penekanan tombol pada keyboard, sehingga pihak lain dapat mengetahui password dan informasi apapun yang kita ketik.

7. Rookit

Rootkit adalah program yang menyusup kedalam system komputer, bersembunyi dengan menyamar sebagai bagian dari system (misalnya menempel pada patch, keygen, crack dan game), kemudian mengambil alih, memantau kerja sistem yang disusupinya. Rootkit dapat mencuri data yang lalu-lalang di jaringan, melakukan keylogging, mencuri cookies akun bank dan lain-lain.

8. Phishing

Phishing adalah suatu bentuk penipuan untuk memperoleh informasi pribadi seperti userID, password, ATM, kartu kredit dan sebagainya melalui e-mail atau website palsu yang tampak asli.

Jadi pada intinya, malware itu sebuah progam yang dibuat untuk tujuan jahat seperti mencuri password, menyerang sistem operasi, dan lain sebagainya yang pada intinya merugikan user. Jadi berhati - hatilah saat Anda berselancar di dunia maya. ^^

Bagaimana tanggapan Anda tentang malware?

Sumber: http://malware851.blogspot.com/2012/12/pengertian-malware_4.html



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Jenis - Jenis Malware

0 komentar:

Poskan Komentar